22 Mar

AMANKAN PEMILU 2019, KOTA BATU SIAPKAN 3682 PERSONEL KEAMANAN

Batu, kpu-kotabatu.go.id (22 Maret 2019) – Polres Kota Batu mengadakan kegiatan Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Menghadapi Pemilu Tahun 2019 di Alun-alun Kota Batu, Jum’at (22/03/2019). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh anggota Polres Kota Batu, Kodim 0818, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD, Tagana, Linmas, Dinas Kesehatan, Orari, Setkom, dan tokoh masyarakat. Walikota Batu (Dewanti Rumpoko), Ketua DPRD Kota Batu (Cahyo Edi Purnomo), Komisioner KPU Divisi Hukum, Pengawasan, dan Organisasi (Mardiono), dan Ketua Bawaslu Kota Batu (Abdur Rochim) juga turut hadir dan mendampingi pelaksanan kegiatan apel.

Kapolres Kota Batu (AKBP Budi Hermanto) menjelaskan jika Apel Gelar Pasukan ini digelar secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Tujuan dilaksanakannya apel serentak tersebut guna mempersiapkan keamanan jelang kampanye rapat umum yang akan segera dimulai pada 24 Maret hingga 13 April 2019. Ia meneruskan pesan dari Kapolri dan Panglima TNI bahwa dengan adanya kesiapan keamanan yang baik dan terencana, maka akan tercipta kondisi yang aman, lancar dan kondusif, baik selama kampanye rapat umum, pelaksanaan pemungutan tanggal 17 April, maupun pasca-pemungutan.

Lebih jauh, Budi Hermanto menjelaskan untuk Kota Batu sendiri sudah disiapkan sebanyak 3682 personel pengamanan yang terdiri dari seluruh elemen keamanan. “Total personel keamanan untuk Pilpres dan Pileg 2019 sejumlah 3682 personel, terdiri dari 352 anggota Polri, 100 dari TNI, 3176 dari Linmas. Ini (seluruh personel keamanan) dalam rangka pengamanan TPS-TPS yang ada. Selain itu, stakeholder pemerintah yang ada dan anggota organisasi masyarakat juga membantu tugas TNI-Polri dalam pengamanan Pemilu 2019,” tegasnya.

Ia juga mengatakan jika lembaganya berkomitmen mengawal pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Batu agar dapat berjalan adil dan kondusif. “Nanti kami juga akan melakukan patroli skala besar bergabung dengan KPU, Bawaslu, TNI, Polri, dan perwakilan dari masing-masing parpol. Ini untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa ayo berbondong-bondong ke TPS tanggal 17 April 2019. Kami akan mengawal pesta demokrasi ini dengan adil, aman, dan lancar,” tandasnya. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

63 − 61 =