19 Mar

ADAKAN RAPAT PLENO PENETAPAN DPTB TAHAP II KPU KOTA BATU UNDANG PARPOL PESERTA PEMILU

Bumiaji, kpu-kotabatu.go.id (19 Maret 2019) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menyelenggarakan Rapat Pleno Rekapitulasi Penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Tahap II Tingkat Kota Batu, Selasa (19/03/2019) di Hotel Purnama. Kegiatan yang menghadirkan seluruh partai politik (parpol) peserta se-Kota Batu tersebut sebagai tindak lanjut dari rapat pleno tingkat kecamatan yang telah dilaksanakan sehari sebelumnya oleh PPK Junrejo, PPK Batu, dan PPK Bumiaji. Selain perwakilan parpol, juga hadir Ketua Badan Pengawas Pemilu (Abdur Rochman) dan perwakilan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Duspendukcapil) Kota Batu.

Ketua KPU Kota Batu (Saifudin Zuhri) dalam sambutannya mengatakan jika rapat pleno kali ini merupakan tindak lanjut dari surat dinas yang dikeluarkan oleh KPU tentang perlunya dilakukan penetapan rekapitulasi DPTb tahap II secara berjenjang, yakni rekapitulasi tingkat PPS, tingkat PPK, dan tingkat kota/kabupaten. “Menindaklanjuti surat dinas dari KPU tertanggal 27 Februari nomor 334/PL.02.SD/01/KPU/II/2019 perihal Rekapitulasi Penetapan Daftar Pemilih Tambahan Tahap Kedua bahwa Rekapitulasi dan Penetapan DPTb dilakukan secara berjenjang dalam rapat terbuka yang dimulai dari tingkat PPS, tingkat PPK, dan tingkat kota, dan alhamdulillah rekap tingkat PPS dan PPK sudah kita lakukan. Berdasarkan hal tersebut maka dipandang perlu rapat pleno terbuka tingkat kota,” paparnya.

Selain Saifudin, Komisioner Divisi Perencanaan dan Data (Ashar Chilmi) juga memberi penjelasan jika setelah proses rapat pleno tingkat kota selesai maka KPU Kota Batu akan mengumumkan hasil Rekapitulasi Penetapan DPTb tersebut secara terbuka kepada masyarakat melalui papan pengumuman di setiap desa/kelurahan serta website KPU Kota Batu. “Setelah PPK melakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan tanggal 18 Maret 2019, kita berkewajiban menindaklanjuti dan meneruskan rekap di tingkat kota, selanjutnya besok (20 Maret 2019) di tingkat provinsi dan di KPU RI pada tanggal 22 Maret 2019. Selanjutnya daftar nama-nama yang sudah ditetapkan pada hari ini yang tersebar di 24 desa/kelurahan dan beberapa TPS yang ada daftar nama DPTb, maka selanjutnya akan kita umumkan dan tempelkan di papan pengumuman yang ada di masing-masing desa/kelurahan serta website, agar Bawaslu, partai politik, dan masyarakat mengetahui siapa-siapa yang berhak memilih, TPS nomor berapa, karena alasan apa. Itu akan bisa terpantau,” jelasnya.


Setelah masing-masing PPK menyampaikan hasil rekapitulasi tingkat kecamatan dan peserta rapat pleno memberikan tanggapan, maka diperoleh hasil rekapitulasi DPTb sebagai berikut: DPTb (masuk) yang mengurus di daerah asal sejumlah 175 orang, DPTb (masuk) yang mengurus di daerah tujuan sejumlah 904 orang, DPTb (keluar) yang mengurus di daerah asal sejumlah 252 orang, dan DPTb (keluar) yang mengurus di daerah tujuan sejumlah 286 orang. Total jumlah pemilih di Kota Batu setelah dilakukan penetapan rekapitulasi DPTb tahap II ialah 155.367 orang. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

64 − = 54