19 Apr

2 HARI INPUT SITUNG DI KPU KOTA BATU SUDAH CAPAI 40 PERSEN

Batu, kpu-kotabatu.go.id (19 April 2019) – Pasca pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada 17 April 2019 kemarin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu bergerak cepat dengan melakukan proses penghitungan suara melalui aplikasi Situng. Langkahnya dengan cara melakukan entri data hasil perolehan suara yang didapatkan dari formulir isian C-1 dari seluruh TPS. Adapun formulir isian C-1 berasal dari 757 TPS yang tersebar di seluruh Kota Batu.

Komisioner KPU Kota Batu Divisi Teknis (Erfanudin) sebagai penanggung jawab teknis pelaksanaan Situng mengatakan jika hari ini (19/04/2019) merupakan hari kedua proses input data ke dalam Situng. Ia mengungkapkan jika selama dua hari ini data yang telah masuk telah mencapai 40 persen suara. “Di hari kedua ini proses input Situng yang dilakukan oleh teman-teman operator (Situng KPU Kota Batu) sudah berhasil mencapai 40 persen. Kita memiliki waktu 5 hari untuk menyelesaikannya hingga mencapai 100 persen,” terangnya.

Ia menegaskan jika proses entri data ke dalam Situng harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati sehingga data yang masuk tidak keliru yang berdampak pada ketidakvalidan. “Proses input ini harus dilakukan dengan teliti, tidak boleh tergesa-gesa. Teman-teman harus mencermati setiap angka yang di-input sehingga hasilnya bisa benar-benar valid,” tegasnya.

Pemanfaatan aplikasi Situng sendiri sebagai langkah KPU untuk memudahkan proses penghitungan suara yang diharapkan dapat merekapitulasi seluruh hasil perolehan suara secara valid. Hasil Situng nantinya juga dapat digunakan sebagai komparasi sekaligus penguat hasil penghitungan suara secara manual (real count) di tiap tingkatan penyelenggara. (ats/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 4 = 2