11 Jan

KPU Kota Batu Gelar BIMTEK Pemuktahiran Data dan Daftar Pemilih

Batu,kpu-kotabatu.go.id (11/01/2018) Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi PPK dan PPS di wilayah kerja KPU Kota Batu. Kegiatan ini berlangsung di Apple Sun Learning Center Bumiaji, 11 Januari 2018. Hadir dalam kegiatan ini Ketua KPU Kota Batu (Rochani), Sekretaris KPU Kota Batu (Thomas Maydo), Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data (Ashar Chimi), Kasubbag Program & Data (Irfan Darmawan).

Bimtek yang dibuka oleh Ketua KPU Kota Batu (Rochani ) ini dihadiri oleh 14 PPK dan 72 PPS. Dalam sambutannya Ketua KPU Kota Batu yang juga menjabat sebagai Divisi Teknis ini menjelaskan bahwasanya pertemuan ini sangat strategis bagi KPU Kota Batu karena selain melakukan Bimtek, juga perlu ada konsolidasi internal. “Karena tahapan sudah mulai berjalan dengan intensitas yang cukup tinggi,” terang Rochani. Lebih lanjut Rochani menjelaskan bahwasanya tanggal 20 Januari 2018 KPU RI mencanangkan gerakan coklit bersama dan gerakan ini dilakukan serentak di Indonesia bagi daerah yang menyelenggarakan pemilihan serentak di tahun 2018.

Sesi kedua diisi oleh Komisioner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data (Ashar Chilmi) mengatakan bahwa Pemutakhiran Data Pemilih adalah kegiatan untuk memperbaharui data Pemilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap dari Pemilu atau Pemilihan terakhir dengan mempertimbangkan DP4 dengan cara melakukan verifikasi faktual data Pemilih. “Selanjutnya data tersebut digunakan sebagai bahan penyusunan DPS yang dilaksanakan oleh KPU/KIP Kabupaten/Kota dengan dibantu oleh PPK dan PPS serta Dinas Kependudukan,” terang Ashar pada peserta Bimtek.

Dalam Bimtek kali ini, selain peserta Bimtek diberikan materi tentang Pemuktahiran Data Pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018, mereka juga melakukan simulasi langsung. Dengan dibagi dalam beberapa kelompok menurut wilayah masing-masing. Melalui Bimtek Teknis Pemutakhiran Data & Daftar Pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 ini diharapkan ada kesiapan PPK, PPS lebih optimal supaya tahapan Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jatim (Pilgub) 2018 bisa menghasilkan data yang akurat.

Kegiatan Bimtek Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 ini mengenalkan tentang jenis Formulir selama tahapan Pemuktahiran Data Pemilih serta jadwal kerja PPDP , juga  jadwal kerja PPK dan PPS dalam monitoring, identifikasi permasalahan dalam proses Coklit serta langkah strategis dalam mengantisipasi problem sebelum ditetapkan di dalam daftar pemilih (DPS/DPT). (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 63 = 67