15 Mar

149.203 DAFTAR PEMILIH SEMENTARA (DPS) KOTA BATU DALAM PILGUB 2018

Tlekung,kpu-kotabatu.go.id (15/03/2018) Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran (DPHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) tingkat Kota Batu dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 didakan oleh KPU Kota Batu, Kamis (15/03). Rapat Pleno dihadiri oleh : PPK se-Kota Batu, Panwas, Kadispendukcapil Kota Batu, Kapolres, Administrasi Pemerintahan Kota Batu, Dinas Pendidikan dan Tim Kampanye Paslon.

Komisioner KPU Kota Batu sekaligus Divisi Teknis (Rochani) dalam sambutannya menyatakan bahwa Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPHP dan Penetapan DPS Tingkat Kota Batu dalam Pilgub 2018 merujuk pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 tahun 2017 tentang Pemuktahiran data dan penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. Dan, rapat pleno bisa dimulai dengan dihadiri oleh PPK, Panwas Kabupaten/Kota, Tim Kampanye Pasangan calon dan dinas yang menyelenggarakan urusan Kependudukan dan Catatan Sipil setempat sesuai dengan PKPU Nomor 2 Tahun 2017 pasal 14 ayat 5.

Komisiner KPU Kota Batu Divisi Perencanaan dan Data (Ashar Chilmi) dalam sesi kedua menyinggung tentang mayoritas penduduk Kota Batu dari data pencoklitan yang dilakukan PPDP selama satu bulan, mayoritas penduduk Kota Batu pindah domisili menjadi jumlah yang signifikan. Penduduk yang tidak bisa ditemui, tidak ada informasi yang valid tentang keberadaan pemilik rumah.

Acara selanjutnya adalah pembacaan Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran (DPHP), yaitu Berita Acara (BA) hasil rapat pleno terbuka daftar pemilih hasil pemuktahiran tingkat Kecamatan. Masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang berada di wilayah kerja KPU Kota Batu membacakan rekapitulasi DPHP di depan undangan yang hadir pada rapat pleno.

       

Rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dilakukan dalam rapat pleno terbuka dan dituangkan dalam Berita Acara (BA) yang ditanda tangani oleh Ketua dan Anggota KPU/KIP Kabupaten/Kota.

Sebagai informasi, hasil rapat pleno terbuka yang diadakan oleh KPU Kota Batu terhadap DPS seperti yang dituangkan dalam Berita Acara (BA) Nomor 25/PL.01.01-BA/02/KPU- Kot/III/2018 dimana terdapat 6.798 pemilih baru di Kota Batu dari rekapitulasi daftar pemilih hasil pemuktahiran, pemilih tidak memenuhi syarat sebanyak 8.265, perbaikan data pemilih sebanyak 5.019 tersebar di 3 Kecamatan.

Dan terdapat 1.308 daftar pemilih potensial Non-KTP Elektronik di Kota Batu yang tersebar di 3 Kecamatan sesuai dengan rincian pada formulir rekapitulasi daftar pemilih potensial Non KTP Elektronik Kabupaten/Kota (A.C.3-KWK) dan rekapitulasi daftar pemilih sementara (DPS) Kota batu sebanyak 149.203 tersebar di 3 Kecamatan sesuai dengan rincian pada formulir rekapitulasi sementara Kabupaten/Kota (A.1.3-KWK) (klik untuk Berita Acara)

(eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 3 = 1