15 Mar

1.308 PEMILIH BELUM MELAKUKAN PEREKAMAN E-KTP

Tlekung, kpu-kotabatu.go.id (15/03/2018) – Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemuktahiran (DPHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) tingkat Kota Batu dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 telah diadakan oleh KPU Kota Batu, Kamis (15/03). Rapat Pleno yang dihadiri oleh PPK Kota Batu, Panwas, Kepala Dispendukcapil Kota Batu, Kapolres, Administrasi Pemerintahan Kota batu dan Tim Paslon ini  telah dituangkan dalam Berita Acara (BA) Nomor 25/PL.01.01-BA/02/Kpu-Kot/III/2018. Dalam Berita Acara disebutkan jumlah rekapitulasi daftar pemilih potensial Non KTP-Elektronik di Kota Batu dengan jumlah pemilih sebanyak 1.308 yang tersebar di 3 Kecamatan.

Kepala Dispendukcapil dalam kesempatan yang sama menanggapi tentang 1.308 pemilih potensial yang belum memiliki KTP Elektronik di Kota Batu, dalam arti jika 1.308 warga Kota Batu belum melakukan perekaman KTP Elektronik, dikhawatirkan tidak dapat menggunakan hak pilihnya pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub) Jatim 2018.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DISPENDUKCAPIL) Kota Batu (Maulidiono) menyatakan bahwasanya saat ini Wajib KTP Elektronik di Kota Batu berjumlah 167.235 dan yang sudah melakukan perekaman KTP Elektronik sebanyak 157.219 orang. Untuk saat ini yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik sebanyak 10.016 orang.

“Perekaman KTP Elektronik yang Dispendukcapil lakukan adalah dengan cara mobile atau jemput bola dan mendatangi langsung kantor Dispendukcapil,” terang Maulidiono. “Kami datangi sekolah-sekolah, puskesmas dan rumah sakit untuk melakukan jemput bola perekaman KTP Elektronik,” terang Kepala DISPENDUKCAPIL Kota batu lanjut.

Perekaman KTP Elektronik untuk saat ini menurut Maulidiono setiap hari bisa melakukan perekaman  sebanyak 250 KTP.

“Dalam sehari Dispendukcapil bisa merekam 250 KTP. Dalam satu minggu kalikan dengan 7 hari dan sebulan bisa merekam sebanyak 5.000 KTP,” terang Maulidiono di sela-sela acara rapat pleno terbuka di Aula KPU Kota Batu.

“1.308 pemilih potensial Non KTP Elektronik dari daftar pemilih hasil pemuktahiran KPU Kota Batu, akan selesai dilakukan perekaman KTP Elektronik sebelum kegiatan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 pada tanggal 27 Juni 2018,” ungkap Maulidiono (eka/pdp)

Komentar via Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 4 = 1